Blog

CARA MEMILIH LOKASI USAHA YANG STRATEGIS

Cara Memilih Dan Menentukan Tempat Usaha yang Strategis sangat perlu diperhatikan agar usaha yang mau Anda jalankan bisa sesuai harapan Anda.Lokasi usaha/bisnis bisa dibilang membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan sebuah bisnis di masa depan. Apalagi jika bisnis Anda menitikberatkan operasinya di dunia nyata, bukan online. Misalnya restoran, stationery, pet shop, distro, florist dan lain sebagainya.
Dalam strategi pemasaran adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha.
1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
Usahakan memilih lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar sebuah usaha. Coba saja bandingkan pendapatan usaha yang lokasinya di daerah pedesaan dengan usaha yang berada di daerah perkotaan, omset yang diperoleh akan sangat jauh berbeda.
2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi usaha yang akan Anda bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Jika Anda ingin menjalankan usaha dengan produk yang harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya belinya cukup tinggi (misalnya di kota – kota besar). Sedangkan bila ingin menawarkan produk dengan harga yang relative murah, tidak akan jadi masalah jika Anda memilih lokasi usaha yang daya beli masyaratnya kurang untuk. Karena konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan memperhatikan kualitas produk yang dijual.
3. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lang kendaraan yang lewat
Perhatikan trafik lalu lalang kendaraan atau pejalan kaki yang lewat, karena hal ini juga mempengaruhi jenis usaha yang cocok di daeah tersebut. Untuk daerah yang dilalui pejalan kaki, usaha toko kelontong atau usaha minuman dingin cocok untuk dibangun di daerah tersebut. Sedangkan untuk lokasi yang banyak dilalui kendaraan bermotor, bisa mencoba usaha bengkel yang lebih dibutuhkan. Sesuaikan jenis usaha Anda dengan para konsumen yang lalu lalang di lokasi tersebut.
4. Banyaknya usaha yang mendukung lokasi tersebut
Semakin banyak usaha yang ada di sekitar lokasi, maka konsumen yang datang ke lokasi tersebut juga semakin ramai. Karena di lokasi tersebut terdapat berbagai macam usaha yang menyediakan produk yang berbeda pula, sehingga para konsumen lebih tertarik datang ke lokasi yang terdapat berbagai macam usaha. Misalnya saja lokasi pasar, atau mall yang selalu ramai pengunjung.

5. Sesuaikan dana dengan lokasi usaha yang akan dipilih
Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian seperti mall, atau di pinggir jalan yang strategis harga sewanya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis. Untuk itu sesuaikan dana yang Anda miliki, dengan lokasi usaha yang di pilih. Jangan memilih lokasi yang harga sewanya mahal, tetapi ternyata tidak ramai pengunjung.

6. Pilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha Anda, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun jika Anda yakin karena posisinya yang sangat strategis, Anda harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha Anda dengan usaha lain yang sejenis.
7. Perhatikan pula akses menuju lokasi usaha
Usahakan pilih lokasi yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika memungkinkan, pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum. Agar konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menjangkau lokasi usaha Anda.
8. Tingkat keamanan yang mendukung
Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan bisa meninkmati pelayanan usaha Anda dengan merasa nyaman. Dengan lingkungan yang aman, Anda bisa mengurangi resiko pencurian maupun perusakan yang bisa terjadi pada usaha yang ada di lokasi kurang aman.
9. Perhatikan kebersihan lokasi usaha
Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung ataupun sebuah outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa ragu untuk membeli produk Anda. Untuk itu jaga kebersihan lingkungan sekitar Anda, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi usaha Anda.

 

MODAL DASAR UNTUK MEMULAI USAHA

Kebutuhan hidup semakin meningkat, dan seiring dengan itu harga kebutuhan pun semakin melonjak sementar penghasilan masih kurang.
Jika anda seorang karyawan dengan penghasilan kurang , mulai lah memberanikan diri untuk memulai usaha sendiri, ada baik nya sebelum anda memulai usaha sendiri coba sedikit tips dari saya.
1. Manpaat kan apa yang ada
Mungkin anda sebelum memulai usaha pasti anda sudah berpikir “saya tidak punya modal”
Kalo anda selalu berpikir memulai usah harus dengan uang, maka usaha anda tidak akan terjadi.
Untuk memulai usaha itu tidak harus menunggu semua nya siap, baik modal maupun sarana lain nya, manpaatkan lah yang ada sembari berjalan.
2. Komitmen penuh
Modal utama dari sebuah usaha adalah rasa senang, untuk itu anda harus menyenangi usaha yang anda jalankan, sebab tanpa ada rasa cinta kita terhadap usaha kita pasti kita akan mudah menyerah, jika anda mencintai usaha anda pasti anda akan mampu melewati beragam persoalan.
3. Keberanian
Jika ingin memulai usaha anda harus berani bermimpi, harus berani bertindak, berani gagal, dan berani untuk sukses. Segudang modal dan ide usaha yang anda miliki tidak ada artinya jika anda tidak memiliki keberanian untuk Bertindak resiko usaha sebenar nya ada di tangan anda, jadi anda harus ada komitmen juga di dalam keberanian
4. Ketekunan
Membangun sebuah usaha memang tidak mudah, pasti nya upaya ini memerlukan
Perjuangan, bila kita yakin, tekun, maka kesuksesan akan terwujud.
Tapi untuk terwujud nya ke susksesan itu, pasti saja ada kegagalan bila kita yakin pasti kita bangkit kembali. Ketahuilah Orang yang sukses adalah, “orang yang tidak pantang menyerah sebelum sukses itu di raih nya”

PERBEDAAN ANTARA CEO, OWNER, DAN FOUNDER dan CO-FOUNDER

Suatu perusahaan pasti ada yang nama nya pemimpin. Pemimpin dalam sebuah perusahaan ada beberapa istilah di antara nya adalah CEO, OWNER, FOUNDER dan CO-FOUNDER.
Berikut ini adalah definisi dan kepanjangan dari CEO, OWNER, FOUNDER dan CO-FOUNDER.

KEPANJANGAN DAN DEFINISI CEO.
Di jajaran direksi tetap di butuhkan seorang leader.
Leader ini bisa juga kita sebut sebagai direktur utama kerap kali direktur utama ini
Juga di sebut CEO. Kepanjangan dari singkatan CEO adalah CHIEF EXECUTIVE OFFICER.
Chiep berarti kepala atau yang memimpin. Executive berarti jajaran direksi.
Definisi dari ceo berarti seseorang yang di percaya untuk memimpin jajaran direksi suatu perusahaan. Ceo di angkat oleh dewan komisaris dan umum nya mempunyai siklus jabatan
Bisa di angkat per 5 tahun atau per 10 tahun tergantung kebijakan dari perusahaan.

Seorang Ceo tidak bisa memimpin perusahaan seorang diri, seorang Ceo harus di bantu oleh jajaran direksi di bawah nya atau wakil direktur.
Wakil direktur pun tidak hanya satu ada banyak tergantung posisi yang di butuhkan, ada yang di
Sebut CMO, CFO, COO, bahkan CTO.

OWNER
Owner lebih mengarah ke pemilik usaha, bisa perorangan atau kelompok.
Kelompok atau grup biasa nya ada investasi dari beberapa investor namun pemilik usaha
Tetap jadi owner dan investor pun bisa di katakan owner, jika pemilik utama usaha menjual saham nya sehingga ia tidak memiliki saham lagi. Otomatis ia keluar sebagai Owner atau pemilik usaha.

FOUNDER
Founder digunakan untuk pendiri atau pencetus ide usaha, bisa perorangan atau kelompok.
Bila sendiri dan tidak punya teman maka di sebut founder, namun bisa juga untuk pendiri
Pertama saja.

CO-FOUNDER
Co-founder mengarah ke seseorang yang menjadi rekan si founder, bisa perorangan atau kelompok.
Ada dua pandangan co-founder pendiri atau pencetus usaha yang bekerja sama dengan Founder jadisi Co-founder ini ia merupakan orang yang ke-2 ke-3 dan seterus nya sebagai pendamping
Si founder atau orang pertama.
Misal: mark zuckerberg jadi Founder maka ke empat teman nya menjadi Co-founder.

Itulah beberapa pengertian atau perbedaan dari CEO, OWNER, dan CO-FOUNDER.

Peluang Bisnis Reseller Online, dengan memanfaatkan Smartphone

Sekarang ada banyak peluang bisnis reseller online yang bisa kamu mulai lewat smartphone, tanpa harus susah-susah cari pinjaman modal ke bank.
Sudah bukan rahasia lagi kalau sekarang ini smartphone tak sebatas jadi alat komunikasi saja, tapi juga bisa dijadikan modal untuk punya usaha sendiri. Terutama buat kalian generasi milenial yang setiap harinya tak bisa terpisah dari gadget dan internet.
Ada banyak peluang bisnis yang bisa dimulai lewat smartphone dan akses internet tanpa harus susah-susah mengurus pinjaman modal ke bank, cari lokasi strategis untuk jualan, bayar karyawan tiap bulan, karena semuanya bisa kamu jalankan kapan saja dan dimana saja lewat telepon pintarmu.
Gimana caranya? Buat yang belum tahu, sekarang ini kamu bisa mendatangkan untung besar setiap bulan lewat peluang bisnis reseller online. Usaha ini nggak membutuhkan banyak modal, karena sebagai reseller online kamu cukup bermodalkan gambar produk dari suplier dan punya smartphone yang terhubung jaringan internet.
Terus, bagaimana cara memulai bisnis reseller online?

Dari data yang diperoleh di lapangan, deretan produk yang laris belakangan ini contohnya produk fashion, gadget, sepatu, jam tangan, perlengkapan bayi, kosmetik, dan camilan.
Nah, yang menjadi kunci utama kesuksesanmu sebagai reseller online adalah tepat dalam menentukan jenis produk yang kamu pasarkan. Pastikan kamu memilih produk yang sekarang ini sedang hits di pasar online. Dari data yang diperoleh di lapangan, deretan produk yang laris belakangan ini contohnya produk fashion, gadget, sepatu, jam tangan, perlengkapan bayi, kosmetik, dan camilan.
Kalau sudah ketemu produk yang cocok, selanjutnya cari suplier yang terpercaya. Ini yang paling susah, karena mencari suplier bisa diibaratkan seperti mencari jodoh. Harus sesuai kriteria, mulai dari reputasi brand produk sampai sistem pemesanannya kira-kira bersahabat dengan reseller atau tidak. Kamu bisa memanfaatkan situs direktori online untuk mencari daftar suplier terpercaya.
Selanjutnya, giliranmu buat lapak online dan mulailah berjualan. Disini kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti yang sedang hits saat ini instagram dan facebook. Posting foto produk dari suplier kemudian buatlah caption yang menarik untuk memancing rasa penasaran konsumen.

Contoh usaha kecil untung nya besar

Usaha kecil adalah sebuah awal usaha yang besar.
Setiap pelaku wirausaha baik masih berkembang atau yang sudah besar, pasti mereka memulai usaha nya dari kecil dulu. Usaha yang di rintis dari awal, di mulai dari kecil dapat menjadi usaha yang menghasilkan ke untungan yang besar.
Ide bisnis yang paling mudah dapat bermula dari lingkungan sekitar atau rumah.
Contoh usaha kecil yang menjanjikan ke untungan yang besar bahkan bisa mengalahkan upah minimum pekerja semoga menjadi isnpirasi bagi kita semua

1. Jualan gorengan
Menjual gorengan merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang patut kita pertimbangkan karena potensi nya sangat menjanjikan.
Sapa si yang tidak tahu gorengan, gorengan sudah menjadi makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat, besar nya modal untuk menjual gorengan terbilang sangat murah dan cukup terjangkau apa lagi bagi pemula, kita bisa memanpaatkan peralatan dapur yang sedia nya sudah kita miliki sebelum nya.
Untuk bahan baku gorengan, sangat murah serta mudah untuk di dapatkan di sekitar kita, di warung bahkan pasar pun banyak.

2. Jual minuman segar
Menjual aneka minuman segar dari pop ice, sampai jus buah sangat lah murah dan mudah di jangkau kebutuhan nya, namun kita harus memperhatikan dulu bahan baku nya, karena pengaruh nya sangat besar bila kita asal plih buah yang sudah busuk, dan alat untuk meracik minuman nya pun masih terbilang mudah kita Cuma memerlukan blender, untuk cup nya kalau bisa kita pilih yang bagus atau bergambar supaya bisa menjadi daya tarik bagi pembeli, terutama anak kecil.

3. Jualan kopi
Peluang usaha yang satu ini, sangat lah bagus sebab pencinta kopi itu mulai dari anak muda sampai orang tua rata rata pecandu kopi, target lokasi sangat menentukan usaha jenis ini, minimal dekat dengan keramayan, seperti terminal atau taman, tempat anak nongkrong dan sebagai nya.

Rata rata kopi di pinggir jalan harga nya 3 ribu pergelas, sedangkan modal untuk membuat satu cangkir kopi jika kita analisa secara matematis tidak akan lebih dari kisaran seribu sampi dengan seribu lima ratus, dan untuk gelas sangat lah simple kita tidak perlu lagi nyuci gelas, karena rata rata warung kopi menggunakan gelas cup.

MODAL DASAR MEMBUKA USAHA SENDIRI

MODAL DASAR MEMBUKA USAHA SENDIRI
Kebutuhan hidup semakin meningkat, dan seiring dengan itu harga kebutuhan pun semakin melonjak sementar penghasilan masih kurang.
Jika anda seorang karyawan dengan penghasilan kurang , mulai lah memberanikan diri untuk memulai usaha sendiri, ada baik nya sebelum anda memulai usaha sendiri coba sedikit tips dari saya.
1. Manpaat kan apa yang ada
Mungkin anda sebelum memulai usaha pasti anda sudah berpikir “saya tidak punya modal”
Kalo anda selalu berpikir memulai usah harus dengan uang, maka usaha anda tidak akan terjadi.
Untuk memulai usaha itu tidak harus menunggu semua nya siap, baik modal maupun sarana lain nya, manpaatkan lah yang ada sembari berjalan.
2. Komitmen penuh
Modal utama dari sebuah usaha adalah rasa senang, untuk itu anda harus menyenangi usaha yang anda jalankan, sebab tanpa ada rasa cinta kita terhadap usaha kita pasti kita akan mudah menyerah, jika anda mencintai usaha anda pasti anda akan mampu melewati beragam persoalan.
3. Keberanian
Jika ingin memulai usaha anda harus berani bermimpi, harus berani bertindak, berani gagal, dan berani untuk sukses. Segudang modal dan ide usaha yang anda miliki tidak ada artinya jika anda tidak memiliki keberanian untuk Bertindak resiko usaha sebenar nya ada di tangan anda, jadi anda harus ada komitmen juga di dalam keberanian
4. Ketekunan
Membangun sebuah usaha memang tidak mudah, pasti nya upaya ini memerlukan
Perjuangan, bila kita yakin, tekun, maka kesuksesan akan terwujud.
Tapi untuk terwujud nya ke susksesan itu, pasti saja ada kegagalan bila kita yakin pasti kita bangkit kembali. Ketahuilah Orang yang sukses adalah, “orang yang tidak pantang menyerah sebelum sukses itu di raih nya”

CARA MENEGEMEN KE UANAGAN UKM

CARA Menegemen KE UANAGAN UKM

Manajemen keuangan merupakan satu hal penting yang harus mendapatkan perhatian khusus dari pelaku UKM. Walaupun masih terbilang usaha kecil menengah, tapi bukan berarti kisa asal-asalan mengatur keuangannya.
Layaknya perusahaan besar yang dikelola secara profesional, UKM juga wajib mengelola manajemen keuangan dengan tepat. Tidak hanya keuntungan usaha saja yang dikejar pelaku usaha, tapi kita juga harus pandai-pandai memanfaatkan sumberdaya modal yang ada dengan lebih bijak.
Salah sedikit saja, bisa-bisa malah kebangkrutan usaha yang didapatkan pelaku UKM. Nah untuk menghindarinya, ada beberapa tips manajemen keuangan yang bisa dicoba pelaku UKM dengan cara sederhana.

Uang Pribadi vs Uang Usaha
Tips pertama bagi pelaku usaha, lakukan pemisahan uang pribadi dan usaha. Keperluan pribadi harus menggunakan uang pribadi, jika tidak dipisahkan hanya akan menggerogoti keuangan usaha. Dan hal ini dapat membahayakan neraca keuangan UKM.
Pastikan Anda menghitung keuntungan
Pelaku UKM harus senantiasa menghitung keuntungan secara tepat dan detail. Dalam proses penghitungan untung, yang paling penting dalam hal menghitung pembiayaan. Penghitungan untung juga harus dicadangkan untuk pembayaran pajak.
Awasi Perputaran Uang Kas
Pengusaha tidak hanya fokus pada keuntungan semata, tetapi juga memikirkan cara memutar uang kas. Manajemen dalam hal keuangan harus dapat mengelola utang, persediaan barang, dan piutang. Pelaku UKM harus mengusahakan secara sama dalam hal penjualan kredit dan pembelian kredit agar perputaran uang kas stabil.
Kontrol Kekayaan Usaha, Utang, dan Modal
Tahap ini menekankan pelaku UKM untuk lebih waspada dalam pengawasan sumberdaya, baik modal, utang,dan harta kekayaan usaha. Tentunya pelaku usaha harus selalu up to date ke tempat penyimpanan barang dan selalu mengecek adminstrasi utang atau tagihan kepada supplier. Pencacatan administrasi mengambil peran yang krusial dalam tahap pengawasan. Pelaku bisnis harus dapat membuat administrasi usahanya atau mempekerjakan bagian keuangan untuk mengurusnya. Terorganisirnya administrasi, menghindarkan pelaku usaha dari membayar ganda dan tagihan macet ke supllier.
Sebagian Keuntungan untuk Pengembangan Usaha
Jangan cepat puas dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan, sisihkan sebagian keuntungan untuk mulai memikirkan inovasi serta pengembangan usaha untuk mengahadapi persaingan dari para kompetitor. Disini peran pelaku UKM dituntut bukan hanya berfokus dalam hal penjualan, melainkan juga membagi fokus pada manajemen keuangan UKM. Tentu dalam hal penyisihan keuntungan harus dipertimbangkan presentasenya sebaik dan sedetail mungkin.
Siapkan Dana Darurat
Dana darurat mempunyai fungsi yang sangat berarti untuk pelaku usaha terutama dalam menghadapi hal-hal diluar perkiraan. Dana ini sebetulnya menjadi keuntungan ketika usaha berjalan normal tanpa ada kendala yang pelik. Berbeda ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti terjadi musibah, pendapatan turun dengan adanya kompetitor, dan terjadi permasalahan keuangan. Sehingga keberadaan dana darurat mutlak harus disediakan sedari awal berjalannya usaha.
Tips keuangan di atas tentu akan memudahkan pelaku UKM dalam mengatur manajemen keuangan sehingga dapat terkontrol dengan baik dan terhindar dari hal-hal yang tidak diperkiraan sebelumnya.

 

Tips Sukses Promosi Produk Reseller lewat smartphone

Promosi paling efektif saat ini memang lewat sosial media, terutama jika produk yang kamu jual memang sedang hits di kalangan netizen. Untuk bisa mencuri perhatian konsumen di sosial media, kamu tidak harus terus-terusan posting foto produk. Sesekali adakan kuis interaktif dengan followermu di instagram, untuk meningkatkan jumlah like atau follower akun jualanmu di instagram.
Langkah kedua yang bisa kamu coba yaitu membagikan informasi tips menarik yang masih berhubungan dengan produkmu. Misalnya kamu menjual produk fashion wanita, maka kamu bisa berbagi tips tutorial style fashion terbaru yang sedang digandrungi kalangan anak muda.
Ketiga, kamu bisa mencoba iklan berbayar untuk mendongkrak penjualan setiap bulan. Tak perlu budget besar untuk pasang iklan, bisa kamu mulai dengan menggandeng selebgram untuk endorse produkmu, atau bisa juga menggunakan fasilitas promosi berbayar yang ada di facebook atau instagram. Budgetnya cukup terjangkau, bisa kamu sesuaikan dengan biaya promosimu setiap bulan.

 

Apa saja keuntungan dan resiko bisnis reseller online?
Ada banyak keuntungan yang bakal kamu peroleh ketika menjalankan bisnis reseller online, antara lain sebagai berikut :
1. Tak perlu pusing membuat produk sendiri
2. Modal usaha cukup minim, karena biasanya suplier hanya menentukan minimal order kecil untuk reseller. Contohnya minimal pembelian 3 pcs, atau 6 pcs untuk reseller.
3. Pastinya produk sudah terjamin kualitasnya, karena produk dengan brand ternama tentu sudah lolos quality control.
4. Mendapat support dari supplier atau produsen, mulai dari gambar produk maupun content promosi.
5. Tidak perlu memikirkan stok produk yang melimpah, karena kamu cukup order ke suplier jika sudah ada orderan dari konsumen.
Meski keuntungan yang didapatkan cukup besar, tapi bisnis apa pun itu pasti punya resiko. Begitu juga dengan bisnis reseller online, resikonya seperti ini :
1. Jika salah memilih suplier bisa dipastikan bakal dapat komplai dari customer. Apalagi jika barang yang dikirim ke konsumen kualitasnya berbeda jauh dari gambarnya di dunia maya.
2. Tak punya kendali penuh terhadap stock produk. Kalau suplier tidak memiliki update stok yang ready apa saja, reseller tak jarang juga keliru menyampaikan informasi stok produk ke konsumen. Bisa jadi barang yang dipesan konsumen ternyata stoknya di suplier sedang kosong.

 

PENGERTIAN WIRAUSAHA DAN TUJUAN NYA

WIRAUSAHA Seseorang yang mengelola usaha nya dan berani mengambil resiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha dan usaha yang baru.
KEWIRAUSAHAAN suatu nilai yang di wujudkan atas dasar kemampuan dengan cara memanpaatkan segala potensi yang di miliki, di dalam prilaku yang menjadi dasar tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses dan menghasilkan sesuatu yang bermanpaat bagi diri nya dan orang lain.

Jadi wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan.
Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan usaha dan mampu membuat keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk satu tujuan untuk meraih ke untungan.

CIRI CIRI WIRAUSAHA
Seseorang dikatakan wirausaha sudah tentu harus memenuhi definisi definisi wira usaha.
1) Memeiliki keberanian dan mempunyai daya kreasi
Seorang wirausaha harus memiliki keberanian dan memiliki daya kreasi tidak takut bermimpi, dan merencanakan nya.
2) Berani mengambil resiko
Seorang wirausaha harus memiliki sipat berani mengambil resiko hal ini tentu harus sejalan dengan perencanaan sebelum nya.
3) memiliki semangat dan kemauan keras
pelaku usaha harus memiliki semangat yang tinggi untuk sukses.
4) Memiliki Analisis yang tepat
wirausahawan harus memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat.
5) Tidak konsumtif
Seorang wirausaha harus tidak konsumtif arti nya konsumsi nya jauh lebih sedikit dari penghasilan
6) Memiliki jiwa pemimpin
Jiwa pemimpin harus di miliki seorang wirausaha, dengan ini wirausaha mampu mengembangkan usaha nya menjadi lebih maju

Ciri ciri wirausahawan handal dan propesional
1) Yakin terhadap produk yang dimiliki
2) Menguasai dan mengenal luas produk nya
3) Ramah dengan konsumen
4) Komunikatif dan negosiasi
5) Santun jujur dan berani
6) Menciptakan transaksi yang memuasakan

Prinsip prinsip wirausaha
• Jangan takut gagal
• Semangat
• Kreatif dan inopatif
• Bertindak dengan penuh perhitungan
• Optimis
• Ambisius
• Pantang menyerah
• Membaca peluang usaha
• Berbisnis dengan standar etika universal
• Mandiri
• Jujur
• Peduli lingkungan

Tujuan berwirausaha serta efek nya berwirausaha
1) Menciptakan lapangan pekerjaan
2) Mengurangi penganguran
3) Meningkat kan pendapatan masyarakat
4) Mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial

 

perangkat lunak

Pengertian perangkat lunak
Pengertian perangkat lunak (software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan di simpan secara digital, didalam nya termasupk program komputer, dokumentasi nya, dan berbagi informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai bagian sistem komputer yang tidak terwujud, istilah ini digunakan untuk menonjolkan perbedaan nya dengan hardware(perangkat keras) komputer.

Karena disebut sebagai perangkat lunak (software) maka sifat nya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), jika hardware merupakan perangkat yang nyata yang dapat di lihat dengan jelas oleh mata dan di pegang secara langsung, maka software tidak dapat di pegang dan di lihat fisik nya / berwujud benda, namun software dapat di oprasikan dan di jalankan.

Perangkat lunak sendiri di buat menggunakan, “bahasa pemrograman” yang di buat oleh programer untuk selanjut nya di kompilasi dengan aplikasi kompilator sehingga menjadi kode yang dapat di kenali / di baca oleh mesin hardware.

Continue reading perangkat lunak